Fosil Dari Masa Depan

Pernah dengar tentang Lyuba? Lyuba adalah fosil bayi mammoth yang telah ditemukan di Siberia. Untuk yang belum tahu,mammoth adalah leluhurnya gajah modern,bisa dibilang mammoth adalah gajah purba dengan ukuran yang lebih besar dari gajah modern.Kalo udah nonton LOTR sekuel ketiga “The Return of The King”,pas para jagoan kita lagi lindungi Helm’s Deep dari para Orc,kan ada pasukan yang naek gajah ukuran extra large kan?


Nah kira kira segitulah ukuran mammoth.Tapi satu hal yang membuat mammoth sangat “digemari” adalah karena gading mammoth lebih keren dari gajah sekarang.Gading mammoth bentuknya menyerupai curva,pokoknya keren banget deh.Makanya ga heran kalo mammoth sering diburu buat persediaan makanan di musin dingin,plus dapatin gadingnya yang sangat unik dan membuat pemilknya bangga.Siapa sih yang ga bangga kalo punya barang yang ga dimiliki orag lain? Itulah sedikit intermezo mengenai mammoth .
Sekarang yang mau gw bahas adalah kok bisa fosil Lyuba yang dibilang cukup “sempurna” dengan minimnya cacat pada tubuh fosil dapat ditemukan? Satu yang pasti adalah karena fosil tersebut terkubur cukup dalam di tumpukan es abadi. Bahkan penelitian pada fosil menyebutkan bahwa organ dalam Lyuba rusak karena adanya tekanan dari es abadi yang membungkusnya. Kok bisa fosil yang terkubur cukup dalam bisa ditemukan ? Jawabannya adalah mulai mencairnya es abadi di kutub.Dengan menggunakan pola berpikir sebab-akibat,gw jadi mikirin bahwa mencairnya es abadi adalah karena pemanasan global.Pemanasan global dipicu oleh efek rumah kaca (ini bukan membahas rumah kaca lho) yaitu proses berkumpulnya karbon dioksida (CO2) ,yang tidak dapat dinetralkan oleh tumbuhan, pada atmosfir bumi yang menyebabkan menipisnya atmosfir baik (ozon) sehingga radiasi langsung dari matahari langsung menerpa bumi.Radiasi itu sedikit lebih panas jika dibandingkan dengan radiasi yang melewati ozon.Radiasi langsung (tanpa melewati ozon) mengandung zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker kulit.Jadi mencairnya es abadi menunjukan “tipisnya” lapizan ozon kita dan tidak mustahil beberapa abad depan bumi kita telah tertutup oleh lautan luas. Penemuan fosli Lyuba sebenarnya bukan peninggalan masa lalu,tapi peringatan dari masa yang akan datang yang seolah-olah berkata

“JIKA PEMANASAN GLOBAL TIDAK DIHENTIKAN,LYUBA-LYUBA BARU AKAN MUNCUL DAN KETIKA KALIAN SADAR,JUMLAH DARATAN KALIAN SUDAH SANGAT MINIM”.

Kita mungkin tidak dapat menghentikan pemanasan global tapi setidaknya kita dapat memperlambat langkah kita menuju kehancuran tadi.Pantai di utara pulau Jawa diketahui sedikt demi sedikit mulai naik.Dengan kenaikan 7 cm per tahun,50 tahun lagi pemukiman penduduk akan jadi pesisir pantai..Too bad.Gw harap banyak orang gila kaya gw yang masih peduli sama bumi.


Best Blogger Tips
  • Stumble This Post
  • Save Tis Post To Delicious
  • Share On Reddit
  • Fave On Technorati
  • Buzz This Post
  • Tweet This Post
  • Digg This Post
  • Share On Facebook

2 komentar:

rakit city mengatakan...

gw juga org gila sma kaya u yg peduli terhadap kelangsungan bumi di masa depan.

Anonim mengatakan...

gw senang ketemu orang gila kaya lo juga..
langkah "virus hijau" punya sampoerna hijau bagus juga tuh..salut sama mereka
pokoknya GO GREEN Indonesia deh..
salam kenal

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar